Minggu, 08 Mei 2011 - 13:20:08 WIB
SELAYANG PANDANG SMP NEGERI 14 AMBON
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum - Dibaca: 3016 kali

SMP NEGERI 14 AMBON

Mutiara dari Maluku

 

Bagian Timur Indonesia merupakan potensi yang belum banyak dimanfaatkan dari segi apapun baik potensi alam dan sumber manusianya yang masih terpendam.dan terkesan masih dilupakan. Hal ini yang menjadikan SMP Negeri 14 Ambon berbenah diri dan berusaha bangkit dalam puing keterpurukan sosial dengan lembaran hitam tahun 1999. Dengan tekad mencerdaskan anak bangsa dan siap bersaing dengan daerah lain, maka. SMP Negeri 14 Ambon yang mempunyai Visi Menjadikan Peserta didik SMP Negeri 14 Ambon yang Berkualitas Berwawasan IPTEK dan IMTAQ serta menjadi yang terbaik ditingkat Nasional dan Internasional, Sekolah ini mulai bangkit dan sarat dengan prestasi akademik dan non akademik. Dengan Mottonya HIASI ”Harmonis dalam suasana kekeluargaan, Indah dalam penataan lingkungan belajar, Asri dalam nuansa alam, Selaras dalam pandangan visi dan misi, Inovatif dalam perkembangan pendidikan dewasa ini”, benar-benar mempunyai semangat tinggi untuk mewujudkan Visinya seperti untaian kata Mutiara di Pulau Maluku SMP Negeri 14 Ambon mulai menampakkan sinar indahnya.

SMP Negeri 14 Ambon didirikan sejak 1984 (SMP Negeri 13 Ambon) dengan Jumlah siswa 224 siswa dengan lulusan pertama 84 siswa di Tahun 1986 dan  dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMP ini kian meningkat. ini dibuktikan dari proses Pendaftaran PSB dari tahun ke tahun meningkat.

Secara Geografis SMP Negeri 14 Ambon berada di Kota Ambon. Sekolah tersebut dari sisi keterjangkauan sangat mudah karen keberadaannya masih dikatagorikan di daerah perkotaan. Kondisi lingkungannya sangat nyaman disertai dengan kondisi keamanan yang mendukung turu mendorong semangat warga sekolah untuk menumbuhkembangkan rasa kekeluargaan dengan penuh kasih dan sayang sehingga dapat menciptakan suasan; kondusif dalam semua aktifitas yang dilaksanakan di sekolah

Secara demografis masyarakat sekitar sekolah termasuk orang tua siswa bermata pencaharian sangat heterogen. Baik sebagai Pegavvai Negeri Sipil. TNI, POLRI, Wiraswasta, petani dan lain-lain. Sehingga tingkat ekonomi maupun tingkat sosialnya juga sangat berbeda. Namun dalam kaitannya dengan eksistensi sekola kepedulian orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah sangat tinggi dalam pengembangan sekolah sehingga berbagai program kegiatan yang direncanakan oleh sekolah dapat terjangkau dengan baik.

Perkembangan globalisasi dan iptek menjadi salah satu tantangan utama dalam mewujudkan Tujuan Visi dan  Misi SMP negeri 14 Ambon, seiring dengan kebijakan pemerintah yang diwakili oleh Direktur Direktorat Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengal Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama untuk menetapkan SMP Negeri 14 Ambon sebagai salah sekolah Piloting KBK (Kurikulum 2004), Sekolah Standa Nasional, Sekolah Koalisi yang didalamnya terdapat Program Pembelajaran MIPA dalam Bahasa Inggris  (Bilingual) dan sekolah ini mulai berkembang dan maju setapak demi setapak berkembang dengan pesat baik fisik maupun kualitas setelah sekolah ini menjadi target  dan hingga kini ini telah mengukir sejarah baru di Maluku yakni menjadi satu-satunya Sekolah yang lulus Seleksi Sekolah RSBI dari Direktorat PSMP Tahun 2007.

SMP Negeri 14 Ambon merupakan sekolah yang berada dalam komunitas muslim, sehingga nuansa Islam sangat dominan menjiwai kehidupan masyarakatnya. Kultur Religius masyarakat Ambon menghendaki terwujudnya pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada IPTEK semata, melainkan juga spiritual learning. Sehingga diharapkan pendidikan yang dilaksanakan di SMP Negeri 14 Ambon menghasilkan insan yang memiliki kompetensi dalam membangun masyarakat, bangsa, negara dan agama maka akan terwujud strategi dalam menciptakan clean governance dalam politik nasional. Maluku adalah wilayah Maritim  menjadikan masyarakatnya cenderung produktif dengan hasil laut, hal ini menjadikan tantangan bagi dunia pendidikan khususnya SMP Negeri 14 Ambon untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki daya saing dan daya tawar yang tinggi dengan menitik beratkan pada ”output” yang potensial.

Berbekal pengalaman hampir 90% guru yang mengajar lebih dari 10 tahun maka SMP Negeri 14 Ambon memberi jawaban atas tantangan dalam dunia pendidikan saat ini dengan mengembangkan berbagai program life skill seperti pembelajaran conversation, komputer, keterampilan, musik, pramuka, PMR dan berbagai potensi siswa dibidang olahraga.

Dalam perkembangan era globalisasi dan transformasi saat ini maka SMP Negeri 14 Ambon berusaha menyempurnakan Sistem Informasi  Manajemen dengan berbasis ICT yang dapat memberikan pelayanan pada semua pihak terutama bagi warga sekolah dengan cepat dan akurat.

Guru dan siswa pun diharapkan mampu menggunakan ICT dengan baik dalam proses pembelajaran. Khusus Internet, Guru dan siswa diharapkan bisa memanfaatkan internet untuk menggali informasi dan menjadi sumber belajar sehingga mampu memaksimalkan  keuntungan internet dalam proses PBM dan disesuaikan dengan perkembangan IPTEK yang dilandasi IMTAQ.

A.      Kondisi Pendidikan

SMP Negeri 14 Ambon sejak berdirinya sampai sekarang telah melakukan berbagai Program pelaksanaan pendidikan di sekolah dari kelas reguler, kelas Bilingual dan Kelas Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Dari tahun ke tahun SMP Negeri 14 Ambon telah mendapat penghargaan dari Pemerintah dalam melaksanakan Program-program seperti ditunjuk sebagai pelaksana terbatas Piloting KBK, Pelaksana terbatas pembelajaran MIPA dalam Bahasa Inggris, Sekolah koalisi Nasional, Pelaksanaan KTSP dan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional.

Dalam menunjang Tenaga Pendidik dan Kependidikan maka, setiap saat guru-guru selalu mengikuti Workshop tingkat nasional serta diklat-diklat pengembangan SDM yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMP. Sehingga berbekal pengetahuan dan pemahaman yang baik dan dianggap cakap maka beberapa guru SMP Negeri 14 Ambon menjadi Tim pengembang KTSP Kabupaten/Kota dan Tim Pengembang Kurikulum Provinsi. Dengan modal itulah pelaksanaan KTSP di SMP Negeri 14 Ambon dirasakan mudah dalam menyusun Perangkat pembelajaran Tiap Mata pelajaran dan SMP Negeri 14 Ambon menerapkan KTSP yang dimulai pada Tahun 2007/2008 dengan ketersediaan dokumen untuk kelas VII. Seiring dengan pengembangan Kurikulum maka saat ini SMP Negeri 14 Ambon telah melaksanakan KTSP untuk 3 jenjang kelas dan telah melengkapi Dokumen 2 untuk tiap mata pelajaran.

Berbagai Pelatihan guru dalam meningkatkan profesionalisme sebagai tenaga pendidik telah banyak diikuti serta dilaksanakan sendiri oleh pihak sekolah sehingga benar-benar guru diharapkan mampu menguasai berbagai teknik mengajar, proses belajar mengajar menggunakan pendekatan Kontekstual atau biasa disebut Contekstual Teaching and Learning (CTL).

Selain itu Guru dan Siswa dituntut mampu menjadikan Bahasa Inggris dan ICT menjadi kebutuhan primer dalam pendidikan saat ini. Dan kiat-kiat yang dilaksanakan sekolah adalah memberikan peluang guru dan siswa untuk melakukan kursus atau les tambahan. Untuk guru, pihak sekolah memberikan kursus kepada guru setiap hari minggu. Kursus komputer misalnya, guru diberikan beberapa program aplikasi yang dibutuhkan seperti MS. Word untuk pembuatan perangkat pembelajaran, MS. Excel untuk pengolahan Nilai serta MS. Powerpoint untuk penyusunan materi ajar (bahan ajar) dan penggunaan Internet dalam mengambil (download) materi-materi ajar yang up to date.

Pendidik dan tenaga kependidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam menyongsong persaingan global pendidikan saat ini. Untuk dapat memiliki daya saing yang tinggi diperlukan tenaga pendidik yang elegan dan mampu menerapkan technologi serta mempunyai kemampuan berbahasa inggris sebagai bahasa Internasional.

 

 

B.      Sarana Prasarana

Tolok ukur sebuah kemjuan peserta didik saat ini adalah bagaiman mampu ia menggunakan alat-alat teknologi dalam mewujudkan pendidikan yang maju dan berdaya saing tinggi. Sehingga aspek sarana dan prasaran dirasakan sangat penting dalam pengembangan sekolah ke depan. Kelengkapan dan kecanggihan sarana prasarana akan mendorong naiknya popularitas dan lembaga pendidikan yang akhirnya bisa menjadi pusat peningkatan kualitas.

Dari sinilah akhirnya SMP Negeri 14 Ambon berusaha semaksimal mungkin memenuhi Standar Sarana Prasarana guna mendukung pembelajaran namun tetap berpegang pada norma pendidikan nasional dan pemanfaatannya.

Pengelolaan manajemen berbasis ICT yang sedang dilaksanakan saat ini, setiap saat dari waktu ke waktu dikembangkan dan ditingkatkan pemanfaatannya baim dari sis kuntitas dan kualitas sistemnya. Dengan status yang saat ini disandang SMP Negeri 14 Ambon yaitu Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sehingga jika memungkinkan status ini ditingkatkan ke Sekolah Bertaraf Internasional (SBI), maka pihak sekolah akan lebih siap menyesuaikan dengan status yang baru.

Akan tetapi semakin tinggi status sekolah berarti semakin tinggi pula standar pembiayaan yang harus menjadi beban pembiayaan sekolah. Sehingga sekolah sudah mempunyai program dalam menggali dan mengelola sumber dana secara baik dan benar berorientasi pada kinerja serta bersifat profesional dan trasparan dalam pengelolaan keuangan sekolah.




689 Komentar :

obat kuat
26 Juli 2011 - 23:06:05 WIB

Tulisan yang sangat menarik dan informatif sekali, Terimakasih....
super junior suju k-pop
02 Mei 2012 - 06:29:05 WIB

Langkah awal yang bagus! Terus galakkan penggunaan internet untuk mencerdaskan bangsa. KapanLagi.com mendukung situs ini untuk terus berkarya. Jangan berhenti sampai di sini, melangkah lebih jauh lagi, berikan yang terbaik untuk komunitasmu.
Nikita Mirzani
02 Mei 2012 - 07:11:01 WIB

Bangkitkan selalu semangatmu, jangan kendor dan pantang mundur!! Yes!! Untuk kemajuan Indonesia.
MERDEKA
02 Mei 2012 - 08:15:37 WIB

Merdeka adalah Indonesia! Terus perjuanganmu, pantang menyerah.
SMPN1 DUKUHTURI
23 Mei 2012 - 18:01:20 WIB

maju terus pendidikan Indonesia, salam kenal pak admin dari kami SMP Negeri 1 Dukuhturi kabupaten Tegal Jateng
la tiu
24 September 2012 - 09:46:27 WIB

jang begitu jsj jis tus
Fondue
06 Maret 2013 - 13:23:53 WIB

Get more info about velata fondue and scentsy in my site.
Jadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen
16 Maret 2013 - 20:47:22 WIB

Menjadi konsumen cerdas itu susah lho, mangkanya pahami artikel konsumen cerdas terlebih dahulu hehe.
jasa seo rank satu
25 Maret 2013 - 14:40:26 WIB

Situs ini memberikan informasi yang bagus sekali.
Wartrol
02 April 2013 - 07:55:23 WIB

Ulasan yang banyak manfaat untuk dibaca.
<< First | < Prev | 1 | 2 | 3 | ... | 69 | Next > | Last >>
Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)